INILAH PERBEDAAN ANTARA AKAL, PIKIRAN DAN INSTING


Banyak di antara kita yang masih rancu terhadap perbedaan akal dan fikiran. Berikut adalah perbedaan antara akan dan fikiran:
1.    Akal: adalah pembeda antara baik dan buruk, benar dan salah. Manusia memiliki akal, sedangkan hewan
tidak punya. Inilah rahmat yang sangat besar dari Tuhan yang Maha Esa. Hewan tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah atau mana yang baik dan mana yang buruk.
2. Pikiran: adalah bagaimana mahkluk memecahkan, mengatasi masalah. Manusia dapat memecahkan/mengatasi masalah, berarti manusia memiliki pikiran. Hewan memiliki pikiran. Contoh: Anjing dapat disuruh menjaga rumah, dan mematuhi perintah tuannya (disuruh duduk, berdiri), (ada sekolah anjing di Bandung). Kucing dapat membuka pintu dengan tangannya. Bila anda pernah membaca jurnal ilmiah perikanan atau hewan apa saja, mungkin anda akan meenukan hal yang lain seperti: Saya pernah membaca makhluk yang paling pintar di bumi adalah ikan hiu.
3.    Insting: adalah keinginan memenuhi kebutuhan secara otomatis, seperti lapar pengen makan, haus pengen minum. Namun dalam usaha memenuhi keinginan tersebut tetap memerlukan pikiran. Contoh: Anda haus insting anda mengatakan ingin minum. Namun untuk minum anda tetap harus mikir bagaimana anda bisa minum di gelas atau dengan pipet. Anda harus mikir bagaimana menuangkan air yang ada dalam teko sehingga berada dalam gelas, maka anda angkatlah gagang teko itu kemudian anda tuang dengan baik ke dalam gelas, lalu anda ambil lagi gelas nya dengan tangan anda, barulah anda bisa minum.